Suasana perkuliahan Ilmu Komunikasi di Universitas Pamulang bersama Deni Darmawan (Dok. Fajar Hidaya Assubhi)

Deni Darmawan: Begini Trik Praktik Menulis Reportase yang Harus Sesuai Dengan Kaidah Jurnalistik

MELINTAS.ID  – Deni Darmawan memberikan trik bagaimana praktik menulis reportase kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang (Ilkom-Unpam) pada Rabu (06/03/2024) di Kampus II Unpam Viktor  Jl. Puspitek Raya No 10, Serpong, Tangerang Selatan.

Dengan praktik, diharapkan mahasiswa bisa moncer menulis reportase. 

Dalam pemaparannya, bahwa tujuan pembelajaran jurnalistik salah salah satunya adalah mahir menulis reportase atau berita.

“ Tujuan matkul jurnalistik diantaranya praktik menulis reportase. Dari data atau informasi yang didapat di lapangan, kemudian disusun, dtulis dan diedit kemudian diterbitkan oleh media massa ke khalayak luas,” ujar Deni sebagai dosen pangampu matakuliah jurnalistik. 

Deni Darmawan pun menyampaikan, bahwa menulis reportase harus sesuai dengan kaidah jurnalistik. “Struktur penulisan berita yaitu judul, lead pada paragraf pertama yang mengandung 5W+1H, badan berita dan penutup. Seperti piramida terbalik.

Dari hal yang sangat penting, penting dan tidak penting,” ujar Deni Darmawan yang menulis buku yang berjudul Menulis itu Gampang.

Dalam menulis berita harus sesuai dengan kaidah jurnalistik.

“Mulai dari proses peliputan dilapangan, hingga proses mencari data dan informasi. Seorang jurnalis atau wartawan harus melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian diolah menjadi berita yang enak dibaca,” terangnya.  

Saat dikelas, Deni Darmawan lebih sering memberikan trik praktik menulis dari pada mengajarkan teori. Baginya, teori bisa dibaca di mana saja dan didiskusikan di kelas.

“Trik saya langsung praktik tapi tanpa meninggalkan teori. Teori penting, tapi praktik jauh lebih penting,” kata Deni Darmawan

Oleh sebab itu, saya akan bagikan tugas kepada mahasiswa untuk lebih banyak praktik meliput di lapangan, hal ini saya lakukan agar mahasiswa bisa tahan banting dalam meliput berita, “ tutupnya ketika diwawancarai oleh Fajar Hidaya Assubhi mahasiswa Ilkom Unpam.

Dari hasl pemaparan dan wawancara dengan Deni Darmawan, dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin banyak praktik menulis reportase, maka semakin terasah keterampilan menulisnya, khususnya keterampilan menulis reportase.***

Artikel Ini disunting dari : https://www.melintas.id/literasi/344475418/deni-darmawan-begini-trik-praktik-menulis-reportase-yang-harus-sesuai-dengan-kaidah-jurnalistik?page=2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top