Seminar Nasional : Tantangan Dan Tranformasi Komunikasi di Era Digital 5.0

(Kamis/23/11/2023) Program Studi Ilmu Komunikasi S-1 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang menyelenggarakan Seminar Nasional Ilmu Komunikasi (SENIAS) Perdana secara daring yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa/I Prodi Ilmu Komunikasi dimulai pada pukul 08.00 – 12.13 WIB melalui Aplikasi Zoom Meet dengan pemateri yang berkompenten. Pemateri pertama Prof. Dr. Widodo, SE., Com. beliau adalah seorang Staf ahli Menteri Kominfo bidang Komunikasi dan Media Masa. Pemateri menjelaskan bagaimana Transformasi komunikasi di Era Digital 5.0 muncul dan berkembang. Beliau menjelaskan bahwa Etika, pola komunikasi harus diterapkan dalam perkembangan komunikasi diera 5.0, bagaimana cara kita menghadapi tantangan Transformasi komunikasi di Era Digital 5.0 dengan cara VUCA and New Skills yaitu Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity. pemateri ditutup dengan quotes “It is not the strongest species that survives, nor the most intelligent, but the most responsive to change” Charles Darwin.

Pemateri kedua yaitu Ir. Amin, A.T., M.Eng.IT beliau adalah seorang  Praktisi/Konsultan Strategi Teknologi Digital & Data Analitik. Pada materi kedua kali ini pembahas tentang perkembangan di Era Digital 5.0. pemateri menjelaskan ada 5 (lima) basic communication process yaitu start with a massge, messge is encoded, message is transmitted, message is received, dan yang terakhir terdapat message is decoded. Pemateri juga memberikan bagaimana cara kita tetap bertahan dalam transformasi komunikasi di Era Digital 5.0, yaitu:

  1. Belajar menerima dan adaptasi dengan perubahan yang cepat.
  2. Pastikan selalu memelihara daya kritis dan rasa ingin tahu, serta keinginan untuk menambah ilmu baru yang relevan dengan karir atau mimpi yang ingin dicapai.
  3. Mulai pelajari berbagai teknologi digital and tools Al yang relevan dengan jurusan atau peminatan yang dipilih.
  4. Belajar memahami problem dalam sebuah industri sedini mungkin dan pelajari tren Industri dalam memecahkan masalah industri tersebut dengan teknologi terkini.
  5. Perluas pertemanan dari berbagai latar belakang ilmu yang berbeda agar terbiasa kerja sama atau kolaborasi di tempat kerja

Seminar Nasional secara Daring yang ikuti oleh 610 mahasiswa/i Program Studi Ilmu Komunikasi berjalan dengan baik, peserta mendapatkan materi yang menarik terkait tantangan dan transformasi komunikasi di Era Digital 5.0.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top